Danau Maninjau, Danau Vulkanik yang Menakjubkan di Sumatera Barat

Danau Maninjau adalah danau vulkanik yang mengesankan di dasar kaldera besar berukuran 20 kilometer kali 8 kilometer dan terbentuk sekitar 50.000 tahun ketika gunung berapi besar meletus dan runtuh dengan sendirinya

Terletak sekitar 30 kilometer sebelah barat Bukittinggi, cukup mudah untuk berwisata ke danau dengan sepeda motor. Perhentian pertama yang kami rekomendasikan adalah Puncak Lawang, atau dikenal sebagai Lawang Top. Pemandangan dari tempat yang menguntungkan ini yang bertengger di tepi kaldera di atas danau sungguh menakjubkan, terutama pada hari-hari yang cerah ketika sisi jauh dari kaldera terlihat. Untuk sampai di sini, Anda harus menavigasi jalan melalui Ngarai Sianok ke barat Bukittinggi dan mengikuti rambu jalan ke desa Matur dan kemudian belok kanan di rambu yang menunjukkan jalan ke Puncak Lawang. Tidak mungkin dijangkau dengan transportasi umum.

Setelah mengudap beberapa mie, tiba saatnya untuk menyusuri tepi kaldera menuju Kelok 44 yang terkenal, bagian jalan terjal yang curam berisi 44 belokan menuju permukaan Danau Maninjau. Cukup ikuti rambu ke Taman Lawang dari Puncak Lawang dan terus berkendara sampai Anda mencapai jalan utama di mana Anda akan mengambil belokan kanan menuruni bukit.

Setelah tiba di danau, Anda dapat memutarnya sekitar 40 kilometer searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. Di sepanjang tepi danau ada banyak tempat bagus untuk berhenti dan beristirahat, mengambil foto, dan makan. Ada juga banyak pom bensin sementara di sepanjang jalan jika Anda kehabisan bahan bakar. Ini cara yang bagus untuk menghabiskan setengah hari dan dapat dikombinasikan dengan aktivitas lain seperti melihat bunga Rafflesia untuk membuat sehari penuh. Bahkan, ada jalan pintas ke Puncak Lawang di sepanjang jalan tanah melalui beberapa pemandangan yang menakjubkan dari area tampilan Rafflesia.

Jika Anda ingin mengunjungi Danau Maninjau dengan transportasi umum, berjalanlah ke stasiun bus Aur Kuning dan naik bus langsung ke Danau Maninjau seharga 20.000 rupiah. Atau, Anda dapat naik bus langsung ke Danau Maninjau dari Koto Gadang melintasi lembah dari Taman Panorama dengan harga yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *