Masjid Tuo Kayu Jao, sebuah Arsitektur Minangkabau yang Memukau

Karena sebagian besar orang Indonesia adalah Muslim, di sana kita akan menemukan banyak Masjid di mana saja, dari yang tradisional hingga yang modern. Masjid Tuo Kayu Jao Solok adalah mata pencaharian membuktikan berapa umur Islam di Indonesia.

Terletak di Jalan Kabupaten Solok-Solok Selatan atau Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat, masjid ini dibangun pada tahun 1599.

“Atap masjid terbuat dari serat palem gelap dengan tiga lapisan. Serat palem adalah bahan khas yang digunakan untuk membangun Rumah Gadang atau rumah tradisional Sumatera Barat,” kata Mustamik sang manajer Masjid.

Atapnya ditopang oleh 27 kayu solid dengan kearifan lokalnya. Bedug atau bedug masih asli karena bedug pertama kali dibuat dan masih digunakan sampai sekarang untuk mendahului adzan sebagai tanda atau panggilan untuk berdoa.

Masjid Tuo Kayu Jao Solok memiliki 24 tonggak yang melambangkan 24 penatua pada waktu itu. Ini juga memiliki 13 pintu yang melambangkan jumlah ritual di Salah. Dan 5 loncatan tangga yang melambangkan lima rukun Islam. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *